SEJARAH HADRAMAUT
SISTEM KEKELUARGAAN ALAWIYIN
GEOGRAFI & TAWARIKH
Hadramaut Adalah Suatu Daerah Yang Terletak Di Timur Tengah, Tepatnya Di Kawasan Seluruh Pantai Arab Selatan Dari Mulai Aden Sampai Tanjung Ras Al-Hadd. Menurut Sebahagian Orang Arab, Hadramaut Hanyalah Sebagian Kecil Dari Arab Selatan, Iaitu Daerah Pantai Di Antara Pantai Desa-Desa Nelayan Ain Ba Ma’bad Dan Saihut Beserta Daerah Pegunungan Yang Terletak Di Belakangnya. Penamaan Hadramaut Menurut Penduduk Adalah Nama Seorang Anak Dari Qahthan Bin Abir Bin Syalih Bin Arfahsyad Bin Sam Bin Nuh Yang Bernama Hadramaut, Yang Pada Saat Ini Nama Tersebut Disesuaikan Namanya Dengan Dua Kata Arab Hadar Dan Maut.
Saiun Merupakan Kota Terpenting Di Hadramaut Pada Abad Ke 19, Kota Terbesar Yang Merupakan Ibukota Protektorat Terletak 320 Km Dari Mokalla’. Ia Juga Sering Dijuluki ‘Kota Sejuta Pohon Kurma’ Karena Luasnya Perkebunan Kurma Di Sekitarnya. Kota Lain Di Sebelah Timur Syibam Adalah Tarim, Yang Terletak Sekitar 35 Km Di Timur Saiun. Saiun Merupakan Kota Terpenting Di Hadramaut Pada Abad Ke 19, Kota Terbesar Yang Merupakan Ibukota Protektorat Terletak 320 Km Dari Mokalla’. Ia Juga Sering Dijuluki ‘Kota Sejuta Pohon Kurma’ Karena Luasnya Perkebunan Kurma Di Sekitarnya
Tarim Merupakan Pusat Mazhab Syafi’i. Antara Abad Ke 17 Dan Abad Ke 19 Telah Terdapat Lebih Dari 365 Masjid. Kota Tarim Atau Biasa Dibaca Trim Termasuk Kota Lama. Nama Tarim, Menurut Satu Riwayat Diambil Dari Nama Seorang Raja Yang Bernama Tarim Bin Hadramaut. Dia Juga Disebut Dengan Tarim Al-Ghanna Atau Kota Tarim Yang Rindang Karena Banyak Pepohonan Dan Sungai. Khalifah Abu Bakar Mendoakan Penduduk Tarim Dengan Tiga Permintaan: (1) Agar Kota Tersebut Makmur, (2) Airnya Berkah, Dan (3) Dihuni Oleh Banyak Orang-Orang Saleh
Diceritakan Bahwa Pada Kota Tarim Terdapat Tiga Keberkahan: (1) Keberkahan Pada Setiap Masjidnya, (2) Keberkahan Pada Tanahnya, (3) Keberkahan Pada Pergunungannya. Keberkahan Masjid Yang Dimaksud Adalah Setiap Masjid Di Kota Tarim Pada Waktu Sesudah Kepindahan Ba’alawi Menjadi Universiti-Universiti Yang Melahirkan Ulama-Ulama Terkenal Pada Masanya
NAQIB & MUSNID
Di Lembah Yang Terletak Antara Syibam Dan Tarim Dengan Saiun Di Antaranya Terdapat Lebih Dari Sepertiga Penduduk Hadramaut. Dari Sini Pula Kebanyakan Orang Arab Di Indonesia. Di Antara Penduduk Hadramaut Terdapat Kaum Alawiyin Yang Lebih Dikenal Dengan Golongan Sayyid. Golongan Syed Sangat Besar Jumlah Anggotanya Di Hadramaut Terutama Di Kota Tarim Dan Saiun. Mereka Membentuk Kebangsawanan Beragama Yang Sangat Dihormati, Sehingga Secara Moral Sangat Berpengaruh Pada Penduduk. Mereka Terbagi Dalam Keluarga-Keluarga (Qabilah), Dan Banyak Di Antaranya Yang Mempunyai Pemimpin Turun Temurun Yang Bergelar Munsib.
Munsib Merupakan Perluasan Dari Tugas ‘Naqib’ Yang Mulai Digunakan Pada Zaman Imam Ahmad Al-Muhajir Sampai Zaman Syeikh Abu Bakar Bin Salim. Seorang NAQIB Adalah Mereka Yang Terpilih Dari Anggota Keluarga Yang Paling Tua Dan Alim. Setelah Syeikh Umar Muhdhar Wafat, Jabatan NAQIB Dipegang Oleh Syeikh Abdullah Al-Idrus Bin Abu Bakar Al-Sakran, Syeikh Abu Bakar Al-Adeni Al-Idrus, Sayyid Ahmad Bin Alwi Bajahdab, Sayyid Zainal Abidin Al-Idrus.
Menurut Syeokh Ismail Yusuf Al-Nabhani Dalam Kitabnya ‘Al-Saraf Al-Muabbad Li Aali Muhammad’ Berkata: “Salah Satu Amalan Yang Khusus Yang Dikerjakan Oleh Keluarga Rasulullah, Adanya NAQIB Yang Dipilih Di Antara Mereka”. NAQIB Dibagi Menjadi Dua, Iaitu:
NAQIB UMUM (AL-NAQIB AL-AM) Dengan Tugas: @ Menyelesaikan Pertikaian Yang Terjadi Di Antara Keluarga @ Menjadi Ayah Bagi Anak-Anak Dari Keluarga Yatim @ Menentukan Dan Menjatuhkan Hukuman Kepada Mereka Yang Telah Membuat Suatu Kesalahan Atau Menyimpang Dari Hukum Agama @ Mencarikan Jodoh Dan Menikahkan Perempuan Yang Tidak Punya Wali
NAQIB KHUSUS (AL-NAQIB AL-KHOS) Dengan Tugas: @ Menjaga Silsilah Keturunan Suatu Kaum @ Mengetahui Dan Memberi Legitimasi Terhadap Nasab Seseorang @ Mencatat Nama-Nama Anak Yang Baru Lahir Dan Yang Meninggal @ Memberikan Pendidikan Akhlaq Kepada Kaumnya @ Menanamkan Rasa Cinta Kepada Agama Dan Melarang Untuk Berbuat Yang Tidak Baik @ Menjaga Keluarga Dari Perbuatan Yang Dilarang Oleh Ajaran Agama @ Menjaga Keluarga Bergaul Kepada Mereka Yang Mempunyai Akhlak Rendah Demi Kemuliaan Diri Dan Keluarganya @ Mengajarkan Dan Mengarahkan Keluarga Tentang Kebersihan Hati @ Menjaga Orang Yang Lemah Dan Tidak Menzaliminya @ Menahan Perempuan-Perempuan Mereka Menikah Kepada Lelaki Yang Tidak Sekufu’ @ Menjaga Harta Yang Telah Diwakafkan Dan Membagi Hasilnya Berdasarkan Ketentuan Yang Berlaku @ Bertindak Tegas Dan Adil Kepada Siapa Saja Yang Berbuat Kesalahan.
SISTEM KEKELUARGAAN ALAWIYIN
GEOGRAFI & TAWARIKH
Hadramaut Adalah Suatu Daerah Yang Terletak Di Timur Tengah, Tepatnya Di Kawasan Seluruh Pantai Arab Selatan Dari Mulai Aden Sampai Tanjung Ras Al-Hadd. Menurut Sebahagian Orang Arab, Hadramaut Hanyalah Sebagian Kecil Dari Arab Selatan, Iaitu Daerah Pantai Di Antara Pantai Desa-Desa Nelayan Ain Ba Ma’bad Dan Saihut Beserta Daerah Pegunungan Yang Terletak Di Belakangnya. Penamaan Hadramaut Menurut Penduduk Adalah Nama Seorang Anak Dari Qahthan Bin Abir Bin Syalih Bin Arfahsyad Bin Sam Bin Nuh Yang Bernama Hadramaut, Yang Pada Saat Ini Nama Tersebut Disesuaikan Namanya Dengan Dua Kata Arab Hadar Dan Maut.
Saiun Merupakan Kota Terpenting Di Hadramaut Pada Abad Ke 19, Kota Terbesar Yang Merupakan Ibukota Protektorat Terletak 320 Km Dari Mokalla’. Ia Juga Sering Dijuluki ‘Kota Sejuta Pohon Kurma’ Karena Luasnya Perkebunan Kurma Di Sekitarnya. Kota Lain Di Sebelah Timur Syibam Adalah Tarim, Yang Terletak Sekitar 35 Km Di Timur Saiun. Saiun Merupakan Kota Terpenting Di Hadramaut Pada Abad Ke 19, Kota Terbesar Yang Merupakan Ibukota Protektorat Terletak 320 Km Dari Mokalla’. Ia Juga Sering Dijuluki ‘Kota Sejuta Pohon Kurma’ Karena Luasnya Perkebunan Kurma Di Sekitarnya
Tarim Merupakan Pusat Mazhab Syafi’i. Antara Abad Ke 17 Dan Abad Ke 19 Telah Terdapat Lebih Dari 365 Masjid. Kota Tarim Atau Biasa Dibaca Trim Termasuk Kota Lama. Nama Tarim, Menurut Satu Riwayat Diambil Dari Nama Seorang Raja Yang Bernama Tarim Bin Hadramaut. Dia Juga Disebut Dengan Tarim Al-Ghanna Atau Kota Tarim Yang Rindang Karena Banyak Pepohonan Dan Sungai. Khalifah Abu Bakar Mendoakan Penduduk Tarim Dengan Tiga Permintaan: (1) Agar Kota Tersebut Makmur, (2) Airnya Berkah, Dan (3) Dihuni Oleh Banyak Orang-Orang Saleh
Diceritakan Bahwa Pada Kota Tarim Terdapat Tiga Keberkahan: (1) Keberkahan Pada Setiap Masjidnya, (2) Keberkahan Pada Tanahnya, (3) Keberkahan Pada Pergunungannya. Keberkahan Masjid Yang Dimaksud Adalah Setiap Masjid Di Kota Tarim Pada Waktu Sesudah Kepindahan Ba’alawi Menjadi Universiti-Universiti Yang Melahirkan Ulama-Ulama Terkenal Pada Masanya
NAQIB & MUSNID
Di Lembah Yang Terletak Antara Syibam Dan Tarim Dengan Saiun Di Antaranya Terdapat Lebih Dari Sepertiga Penduduk Hadramaut. Dari Sini Pula Kebanyakan Orang Arab Di Indonesia. Di Antara Penduduk Hadramaut Terdapat Kaum Alawiyin Yang Lebih Dikenal Dengan Golongan Sayyid. Golongan Syed Sangat Besar Jumlah Anggotanya Di Hadramaut Terutama Di Kota Tarim Dan Saiun. Mereka Membentuk Kebangsawanan Beragama Yang Sangat Dihormati, Sehingga Secara Moral Sangat Berpengaruh Pada Penduduk. Mereka Terbagi Dalam Keluarga-Keluarga (Qabilah), Dan Banyak Di Antaranya Yang Mempunyai Pemimpin Turun Temurun Yang Bergelar Munsib.
Munsib Merupakan Perluasan Dari Tugas ‘Naqib’ Yang Mulai Digunakan Pada Zaman Imam Ahmad Al-Muhajir Sampai Zaman Syeikh Abu Bakar Bin Salim. Seorang NAQIB Adalah Mereka Yang Terpilih Dari Anggota Keluarga Yang Paling Tua Dan Alim. Setelah Syeikh Umar Muhdhar Wafat, Jabatan NAQIB Dipegang Oleh Syeikh Abdullah Al-Idrus Bin Abu Bakar Al-Sakran, Syeikh Abu Bakar Al-Adeni Al-Idrus, Sayyid Ahmad Bin Alwi Bajahdab, Sayyid Zainal Abidin Al-Idrus.
Menurut Syeokh Ismail Yusuf Al-Nabhani Dalam Kitabnya ‘Al-Saraf Al-Muabbad Li Aali Muhammad’ Berkata: “Salah Satu Amalan Yang Khusus Yang Dikerjakan Oleh Keluarga Rasulullah, Adanya NAQIB Yang Dipilih Di Antara Mereka”. NAQIB Dibagi Menjadi Dua, Iaitu:
NAQIB UMUM (AL-NAQIB AL-AM) Dengan Tugas: @ Menyelesaikan Pertikaian Yang Terjadi Di Antara Keluarga @ Menjadi Ayah Bagi Anak-Anak Dari Keluarga Yatim @ Menentukan Dan Menjatuhkan Hukuman Kepada Mereka Yang Telah Membuat Suatu Kesalahan Atau Menyimpang Dari Hukum Agama @ Mencarikan Jodoh Dan Menikahkan Perempuan Yang Tidak Punya Wali
NAQIB KHUSUS (AL-NAQIB AL-KHOS) Dengan Tugas: @ Menjaga Silsilah Keturunan Suatu Kaum @ Mengetahui Dan Memberi Legitimasi Terhadap Nasab Seseorang @ Mencatat Nama-Nama Anak Yang Baru Lahir Dan Yang Meninggal @ Memberikan Pendidikan Akhlaq Kepada Kaumnya @ Menanamkan Rasa Cinta Kepada Agama Dan Melarang Untuk Berbuat Yang Tidak Baik @ Menjaga Keluarga Dari Perbuatan Yang Dilarang Oleh Ajaran Agama @ Menjaga Keluarga Bergaul Kepada Mereka Yang Mempunyai Akhlak Rendah Demi Kemuliaan Diri Dan Keluarganya @ Mengajarkan Dan Mengarahkan Keluarga Tentang Kebersihan Hati @ Menjaga Orang Yang Lemah Dan Tidak Menzaliminya @ Menahan Perempuan-Perempuan Mereka Menikah Kepada Lelaki Yang Tidak Sekufu’ @ Menjaga Harta Yang Telah Diwakafkan Dan Membagi Hasilnya Berdasarkan Ketentuan Yang Berlaku @ Bertindak Tegas Dan Adil Kepada Siapa Saja Yang Berbuat Kesalahan.
Kota Shibam, Yeman. Tapak Warisan Dunia UNESCO dan satu daripada tiga bandar-bandar utama
di Wadi Hadramaut
DEWAN NAQABAH Terdiri Dari Sepuluh Anggota Yang Dipilih. Setiap Anggota Mewakili Kelompok Keluarga Atau Suku Dan Dikukuhkan Lima Orang Sesepuh Suku Itu Dan Menjamin Segala Hak Dan Kewajiban Yang Dibebankan Atas Wakil Mereka. Dewan Yang Terdiri Dari Sepuluh Anggota Ini Mengatur Segala Sesuatu Yang Dipandang Perlu Sesuai Kepentingan, Dan Bersesuaian Pula Dengan Ajaran Syari’at Islam Serta Disetujui Oleh Pemimpin Umum. Apabila Keputusan Telah Ditetapkan Maka Diajukanlah Kepada Pemimpin Umum (Naqib) Untuk Disahkan Dan Selanjutnya Dilaksanakan
Dari Waktu Ke Waktu Tugas NAQIB Semakin Berat, Hal Itu Disebabkan Banyak Keluarga Dan Mereka Menyebar Ke Berbagai Negeri Yang Memerlukan Perjalanan Berhari-Hari Untuk Bertemu NAQIB Jika Mereka Hendak Bertemu Untuk Menyelesaikan Masalah Yang Timbul. Untuk Meringankan Tugas NAQIB Tersebut, Maka Terbentuklah MUNSIB
Sebahagian Besar Munsib Alawiyin Muncul Pada Abad Sebelas Dan Abad Ke Dua Belas Hijriyah. Diantaranya Keluarga Ben Yahya Mempunyai Munsib Di Al-Goraf, Keluarga Al-Muhdar Di Al-Khoraibah, Keluarga Al-Jufri Di Dzi-Asbah, Keluarga Al-Habsyi Di Khala’ Rasyid, Keluarga Bin Ismail Di Taribah, Keluarga Al-Aidrus Di Al-Hazm, Baur, Salilah, Sibbi Dan Ar-Ramlah, Keluarga Syeikh Abu Bakar Di Inat, Keluarga Al-Attas Di Al-Huraidah, Keluarga Al-Haddad Di Al-Hawi Dan Keluarga Aqil Bin Salim Di Al-Qaryah
No comments:
Post a Comment